PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : Kelas : I
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan Tahun Pelajaran : 2016 /2017
No
|
Semester
|
Standar Kompetensi/Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
|
I
II
|
Seni Rupa
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam
sekitar
1.2
Menunjukkan sikap apresiasif terhadap unsur
rupa pada benda di alam sekitar
Mengekpresikan diri melalui
karya seni rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekpresif
2.2 Mengekspresikan diri
melalui teknik menggunting/menyobek
Seni Musik
Mengapresiasi karya seni musik
3.1 Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagaisumber bunyi
yang di hasilkan tubuh manusia
3.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang di hasilkan
tubuh manusia
3.3 Menunjukkan sikap apresiasif terhadap sumber bunyi yang di
hasilkan tubuh manusia
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana
4.2 Mengekspresikan diri melalui vocal
4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang di
hasilkan tubuh manusia
4.4 Melafalkan lagu anak anak
4.5 Menyanyikan lagu anak anak secar individual, kelompok, maupun
klasikal
Seni tari
Mengapresiasi karya seni tari
5.1 Mengidentifikasi fungsi
tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
5.2 Menampilkan gerak tari
menurut tingkatan tinggi rendah
5.3 Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak
tari menurut tingkatan tinggi rendah
Mengekspresikan diri melalui
karya seni tari
6.1 Menanggapi rangsangan
bunyi dengan gerak spontan
6.2 Menampilkan unsur gerak
tari di depan penonton
Seni rupa
Mengapresiasi karya seni rupa
7.1 Mengidentifikasi unsur
rupa pada benda di alam sekitar
7.2 Menyatakansikap apresiasif
terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
8.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif
8.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan
teknik menempel
Seni musik
Mengapresiasi karya seni musik
9.1 Mengidentifikasi
unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang di hasilkan alam
9.2 Mengelompokkan bunyi
berdasarkan sumber bunyi yang di
hasilkan alam
9.3 Mengidentifikasi irama dan
melodi sederhana
Mengekspresiskan diri melalui
karya seni musik
10.1 Menampilkan permainan
pola irama dan melodi sederhana
10.2 Memeragakan dinamik
sederhana
10.3 Mengekspresikan diri
melalyui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana
10.4 Menyanyikan lagu anak
anak dan lagu wajib
Seni Tari
Mengapresiasi karya seni tari
11.1 Mengidentifikasi fungsi
tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
11.2 Menampilkan gerak gerak
tari menurut tingkatan tinggi rendah
11.3 Menunjukkan sikap
apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
Mengekspresikan diri melalui
karya seni tari
12.1 Menanggapi dengan gerakan
spontan rangsangan bunyi
12.2 Merangkaikan gerak tari
sesuai iringan bunyi
12.3 Mengekspresikan diri
melalui gerakan sendiri
|
||
Jumlah jam pelajaran per tahun
|